A Small Gift

Di tengah-tengah kearalan malam, jadi deadliner yang baru mulai ngerjain PR selepas maghrib dan sampai sekarang belum selesai, aku memutuskan untuk menulis sebuah intermezzo. Kenapa nggak lanjut PRnya? Karena aku stuck. Lalu karena desperate dan bingung, akhirnya nge-pm temen (di section kelas berbeda) yang udah menyelesaikan PR ini kemarin-kemarin. Karena kelasnya ngebahas lebih awal. Tapi entah apakah jam segini dia masih bangun.  T_T

Kalau ada yang mau nanya PRnya tentang apa, adalah PR matkul Mechanics of Materials. Matkul awal pengenalan sebelum masuk Structure I dan II yang bakal menyusul di semester 4 dan 5, yang juga tingkat puncak kesulitan di Teknik Sipil. Yeah. Kalau aku fail, aku nggak bisa ngambil matkul lanjutan dan udah pasti bakal molor lulus. Which will effect my scholarship... and my life. Tapi berita baiknya, hasil midtermku baik-baik saja untuk matkul ini. Ya lumayan lah. Meski gak bisa dibilang 'bagus' juga.

Ada satu kisah ini yang pengen aku bagi. Tadinya mau aku post di fb atau line, tapi kok aku takut kesannya apa ya... pamer? Banyak kan postingan-postingan viral tentang sharing, dkk. Bukannya aku geer postingan aku bakal viral, tapi aku memang nggak mau ngeshare sesuatu yang sederhana. Berbagi itu adalah suatu kewajiban dan kita nggak perlu melakukannya untuk bisa dipost di media sosial. Tapi, bukan berarti aku ngejudge kalau orang-orang melakukan itu buat menarik perhatian juga sih, tiap orang punya alasan dan tujuan masing-masing, duh how can I put this... intinya, aku ngerasa kebaikan apa pun yang telah kamu lakukan, lebih baik kamu simpan sendiri aja. Biar Allah dan malaikat aja yang tau.

Terus kenapa aku nulis di sini? Karena aku pikir blog-ku adalah sarana penyampaian isi hati yang lebih personal. Akses blog ini tersedia buat orang-orang, who is curious enough to know more about me. A closer bound, not by just simply adding me as friend in social media platforms.

Therefore, I think it's more appropriate to share my stories here.

Jadi, meski aku kuliah ke "luar negeri" yang selalu terkesan jauh, Thailand masih relatively close to Indonesia. Tiket pesawatnya affordable, bahkan aku nggak minta uang ke ortuku untuk booking tiket, jadi aku pulang setiap semester. Semester 2 kemarin, liburannya panjang, dari akhir Mei sampai Agustus. Waktu liburan 2 bulan lebih itu aku manfaatkan dengan belajar nyetir dan ngejar SIM. Aku nggak ngambil kelas mengemudi kayak Spongebob, aku simply nyulik (?) Apa (ayah) buat belajar.

Tips nih buat kalian yang ada di Bandung dan mau latihan nyetir, aku rekomendasiin di Batununggal Indah. Jalannya gede, landai. Bagus buat pemula yang mau lancarin belok-belok, ganti-ganti kopling, mundur, dan hal-hal basic lainnya. Mobil di sana juga nggak terlalu banyak kalau kalian latihan pas hari kerja. Banyak yang belajar nyetir di sana, jadi kalian nggak akan sendiri wkwkwk.

Suatu hari, aku nyetir ke SMA 3, udah dapet SIM. Agak susah nyari tempat parkir karena penuh. Akhirnya dapet, agak diujung jalan kalimantan, deket SMP 5. Setelah ngobrol sebentar sama senpai, aku pulang lebih awal karena harus jemput ibu udah yang selesai rapat. Liburan kemarin aku memang bersedia jadi sopir ibu, full time, seneng aja jadi bisa lebih banyak latihan.

Lagi jalan ke mobil, aku ngerasa memang ada yang ngikutin dari belakang. Bapak-bapak. Pengen cepet-cepet masuk ke mobil dan pergi, karena aku cuma cewek kecil yang bawa-bawa mobil punya ayahnya. Aku takut ada apa-apa. Tapi sayang, kunci mobilnya susah diambil jadi aku cuma berhasil neken tombol kunci, tapi belum nutup pintu dan nge-starter mobil.

Bapak-bapak itu nyapa aku. Bilang minta maaf udah ngikutin karena dari tadi memang udah ngeliat aku dan pengen minta bantuan. Katanya mau pulang ke Garut, tapi nggak punya uang. Beliau minta uang ke aku.

Dulu-dulu aku pernah ketemu tipe cerita yang sama dari ibu-ibu yang bawa sekarung penuh kerupuk di depan SMA 3. Bilang katanya harus pergi ke stasiun Leuwi Panjang, beliau ditipu ketika jualan, uangnya dibawa pergi, sementara kerupuknya belum laris. Aku yang ngerasa simpati, beli dua bungkus kerupuknya dan ngelebihin uang yang aku kasih. Nggak masalah.

Tapi minggu berikutnya, ibu-ibu itu ada lagi depan gerbang SMA 3. Menyetop aku yang lagi jalan, menceritakan kisah yang sama. Beberapa minggu berikutnya, ibu itu ada lagi di Masjid Salman ITB, masih menceritakan kisah yang sama. Ibu, sungguh aku nggak ngerasa keberatan beli kerupuk ibu, ngebantu ibu, tapi jangan ngasih kisah palsu. Minta tolong dengan wajar, insya Allah yang lain pasti beli kerupuk-kerupuk ibu.

Aku ngerasa ada sedikit kekecewaan, meski aku tau ibu ini pasti memang butuh uang. Seandainya ibu ini lebih jujur, aku bakal lebih appreciate beliau dan ngebantu lebih banyak.

Aku buka dompet, berharap ada uang sepuluh ribu, atau dua puluh ribu. Mungkin uangnya nggak cukup untuk Bapak sampai Garut, tapi aku nggak mau ngasih terlalu banyak karena pengalaman dibohongin ibu kerupuk. Tapi nggak ada. Di dompetku cuma ada uang lima puluh ribu. Uang pecahan yang lebih kecilnya udah aku pake buat makan di kantin SMA 3.

Di situ aku merasa dilema. Apa biasa naruh uang kecil, koin seribu, uang dua ribuan dan lima ribuan buat parkir dan Pak Ogah. Tapi rasanya nggak etis kalau aku ngasih Bapak uang segitu. Bapaknya udah sepuh, dan bilang, 'tolong, Neng' dengan nada suara yang nggak bisa kutolak. Aku pengen setidaknya ngasih sepuluh-dua puluh ribu.

Uangku ada lumayan. Karena beasiswa penuh, orangtuaku jarang ngirim uang. Ibu baru transfer kalau aku mau bayar asrama/ada kebutuhan mendadak. Kadang ibu transfer uang saku kalau memang lagi ada uang. Sekitar sejuta-dua juta selama satu semester dan aku nggak pernah ngambil karena uang saku dari beasiswa udah cukup. Aku harus lebih bersyukur. Sekarang aku memang sedang punya uang, kenapa juga kalau aku ditipu lima puluh ribu? Nggak sebanding sama apa yang Allah kasih ke aku lewat beasiswa.

Di titik itu, aku berusaha buat nggak peduli. Kalau pun Bapak nipu aku, nggak bener-bener butuh atau nggak beneran mau pulang ke Garut, yang penting aku ikhlas ngasih uangnya dan punya niat untuk nganterin bapak itu sampai Garut dengan lima puluh ribu rupiah. Yang penting aku ikhlas. Dengan niat itu, aku narik satu lembar lima puluh ribu dan ngasih ke bapaknya. Setelah bapaknya bilang terima kasih dan pergi, aku cepet-cepet pergi dari parkiran, ke tempat ibu.

Aku nggak cerita apa-apa sama ibu. Takut disangka hedon, uangnya udah berkurang lagi aja lima puluh ribu (kalau tiba-tiba ibu nanya tentang uang), dan takut dicela (kalau cerita tentang Bapak Garut). Kenapa ngasihnya gede-gede. Aku kan niatnya pengen ikhlas bukan terus khawatir apakah uangnya bener-bener dipake sampai Garut atau nggak.

Jadi, masalah uang pun terlupakan. Aku nggak inget... sampai aku pulang ke rumah.

God works in His mysterious ways.

Tiba-tiba, ibu tetangga sebelah dateng ke rumah. Ibu Mus, biasanya dipanggil. Setipe sama ibuku yang sama-sama bekerja, Bu Mus jarang gaul diantara tetangga komplek. Ibuku nggak terlalu suka gaul karena biasanya ibu-ibu pada ngegosip. Bu Mus juga nggak. Keluarganya peduli sama pendidikan. Waktu kecil aku sering main sama anaknya, Atiah.

Nah, Bu Mus dateng, nyapa aku. Nanya kapan aku balik lagi ke Thailand. Aku jawab besok, karena itu persis H-1 keberangkatan aku ke Bangkok. Ibu ngasih sebungkus buah kering, terus kita ngobrol-ngobrol. Bu Mus nanya-nanya tentang pengalaman kuliahku di Thailand.

Ternyata anaknya, Atiah, kemarin sempet pertukaran pelajar ke Korea Selatan. Wah keren banget kan. Tetangga-tetanggaku keren semua. Ada juga Teh Audi yang kuliah ke Jerman. Dia kakak kelas, jauh lebih tua. Teh Aghnia, tetanggaku yang lain, lulus sbmptn ke UI. Kebanyakan anak-anak tetangga juga keterima udangan di UPI. Jadi di lingkungan RT sekarang orang-orang lagi bahagia. Beberapa tetangga udah menikahkan anaknya dengan pesta yang sukses dan meriah.

Bu Mus cerita, katanya anak-anak komplek yang lebih muda, banyak terinspirasi gitu sama aku, Teh Audi dan Teh Aghni. Mereka mulai banyak mencari tau tentang kuliah ke luar negeri, termasuk Atiah, yang berhasil dapet exchange program ke Korea Selatan. Aku semacam udah berhasil ngebuka suatu opsi baru, cakrawala baru yang lebih luas. Anak-anak komplek jadi lebih rajin belajar, terutama Atiah yang dapet banyak pengalaman keren selama di Korea Selatan.

Karena itu, Bu Mus mau berterima kasih sama aku, dan ngasih aku sebuah amplop putih. Untung katanya akhirnya bisa menyempatkan dateng ke rumah sebelum aku balik lagi ke Bangkok. Dan kalau tau aku ada di rumah dari Bulan Mei, kayaknya bakal dateng lebih awal buat ngebahas kesempatan kuliah ke luar. Aku punya banyak info dan aku pengen banget bisa ngeshare sama orang lain. Aku kan nggak mau cuma sendiri, orang lain juga harus dapet kesempatan yang sama.

Memperluas ilmu, memperbanyak pengalaman. Jadi generasi Indonesia yang maju dan sukses bersama-sama.

Ngedenger Bu Mus cerita, aku jadi malu sendiri wkwkwk. They think so highly of me, when I'm only here out of luck, mostly. Kalau ada yang nanya gimana caranya kuliah ke luar negeri, ya aku bakal simply jawab, banyak-banyak berdoa aja sama Allah. Allah itu Maha Baik, Maha Pemurah, Maha Penyayang. Selalu melebihkan apa yang kamu minta. Selalu ngasih yang terbaik. Selalu ngasih jalan.

Seperti saat itu, amplop putih yang dikasih Bu Mus, isinya ternyata empat ratus ribu. Aku shock. Beneran. Bu Mus kan sibuk, aku jarang banget ketemu. Aku juga udah lama banget nggak main sama Atiah karena dia jauh lebih muda dari aku dan beda sekolah. Nggak ada yang pernah ngasih aku sebanyak itu kecuali ibu, KMUTT dan nenek, tapi kan itu beda cerita. I'm not close with Mrs. Mus on daily basis, how could she give me that much amount of money?

Kalau untuk terima kasih aja, aku bahkan nggak banyak ngebantu Atiah. Dia yang berjuang sendiri dan dapet exchange ke Korea.

Lalu aku nangis. Ahahahaha. Bapak, akhirnya Bapak sampai Garut ya? Alhamdulillah.

Maaf ya Pak, udah meragukan bapak. Alhamdulillah kalau akhirnya Bapak bisa pulang dengan selembar lima puluh ribu. Alhamdulillah kalau uangnya cukup buat Bapak.

Jadi begitulah sebuah perasaan bernama ikhlas. Aku dapet delapan kali lipat dari apa yang aku keluarkan dalam waktu beberapa jam. Itu baru fisiknya. Jangan pernah ragu untuk infaq atau membantu orang yang membutuhkan. Bukan karena kamu pengen dapet imbalan, jangan hitungan sama Allah karena Allah mah nggak pernah hitungan sama rahmat yang Ia beri padamu. Tapi seandainya kamu memilih untuk membantu, imbalan dari Allah itu nggak bisa dikira-kira. Bisa berbentuk fisik seperti uang empat ratus ribu, bisa juga yang lain, yang jauh, beyond what you think.

Pengalaman ini jadi pembelajaran buatku, kalau sebenernya bukan masalah apakah kita akan ikhlas kalau orang lain sesuai sama harapan kita, tapi ikhlas lah dulu buat diri kita sendiri. Kunci ikhlas itu kan kalau kamu memang berserah diri, siap menolong orang lain tanpa benefit apa-apa. Jangan pikirkan masalah kayak aku, yang takut ditipu, aku harusnya memang merelakan saja dari awal. Niatku memang ingin membantu, masalah uangnya digunakan untuk apa, itu diluar kendaliku. Yang pasti, aku sudah punya niatan baik untuk ngasih uang ke ibu kerupuk dan bapak Garut, sisanya serahkan sama Allah.

Sebagai manusia, aku merasa amat fana. :"))





Ah, temenku udah bales PR yang kutanyain. Katanya dia juga nggak tau. Ya udah aku mau bobo aja. Bye semua, sekarang udah hari senin lhoooo~

Semangat!

Zia :3

Comments

Popular Posts