Dormitory Life: Punya Roommate Itu Susah





Aku nggak tau mesti mulai dari mana, tapi punya temen sekamar itu berat. Bukan, bukan berat badannya, tapi berat ngejalaninnya. Roomate itu kadang dapet yang baik, kadang juga nggak. Kadang malah lebih ke nggak baiknya. Apalagi kalau punya roomate orang asing a.k.a bukan orang Indonesia.

Tadinya aku pikir, orang-orang dari negara maju itu bakalan lebih rapi, lebih mandiri, lebih-lebih deh. Eh, ternyata nggak juga. Kita nggak bisa ngegeneralisir sesuatu hal, itu bener banget. Karena negaranya bagus bukan berarti individualnya bagus semua. Negaranya jelek, dalam hal masih berkembang, bukan berarti semua masyarakatnya 'males'. Stereotip ini bener-bener ngeganggu dan salah banget.

At least, ketika roomate kamu sama-sama dari Indonesia, kalian bakal lebih mengerti satu sama lain lah. Komunikasi lancar, kompromi, dan bisa saling bagi makanan.

Jadi, roomate-ku namanya Grace. Dia dari negara tirai bambu a.k.a China. Nama asli versi China-nya mirip brand ponsel ternama, Xiaomi. Tapi namanya dia ditambah huruf 'n' di belakang dan nama keluarganya mirip desainer ternama, Vera Wang. Calon orang sukses? Mungkin. Soalnya namanya branded abis. Kenapa bejubel banget ngejelasinnya? Gosh, I don't want to be too obvious.

Ada satu kata yang simpel untuk ngejelasin Grace; Ribet.

Grace, adalah mahasiswa S2 di KMUTT. Umurnya udah 35 tahun. Setelah lulus sarjana di China, jurusan seputar kesehatan (tapi bukan dokter atau perawat atau sejenis itu), doi mengaku bekerja di suatu perusahaan minyak asing di negaranya selama 10 tahun sebelum memutuskan untuk lanjut S2. Dia dapet program S2 yang menarik di KMUTT. Katanya, kalau tahun pertamanya sukses, dia punya kesempatan belajar di Osaka University di tahun kedua, lalu balik lagi ke KMUTT tahun ketiga dan lulus.

Awalnya, ibuku seneng aku dapet roomate yang jauh lebih tua. Jadi aku bakal lebih fokus ke belajar daripada main-main. Karena Grace kan udah dewasa, dia bahkan nggak mau makan Lay's Potato Chip. Katanya snack begituan cuma buat anak kecil. Dia selalu makan makanan yang sehat bergizi dan banyak sayuran. Nggak kayak aku yang suka doping rasa laper dengan gula, karena mager makan.

Sayangnya, Grace ternyata tidak sebaik dan sedewasa keliatannya.

1. Dia sering ngeluh.

Dia ngeluh tentang banyak hal. Mungkin karena dulunya bukan anak pramuka, jadi kurang survival. Meski dia dapet fasilitas paling bagus di asrama (dengan harga yang omg lumayan murah), dia ngeluh karena mahal. Kita bayar kamar asrama itu sekitar 18.000 Baht per semester, atau sekitar 5.4 juta per semester. Dan itu fasilitas yang paling bagus. Tambahan lainnya adalah biaya listrik.

Padahal aku baca di LINE Today, di Hong Kong, kamar kos seharga 3 juta rupiah itu cuma dapet 2x2 meter. Sumpek banget. Padahal kamarku gede lho.

Grace ngerasa harga segitu mahal karena dia mesti berbagi kamar sama aku. Dia prefer di luar kampus, seharga 4.500 Baht per bulan tapi sendiri. Aku sih, lebih seneng diem di dalem kampus. Deket kemana-mana, aman juga, murah juga.

Terus dia takut listriknya mahal, padahal tenggat bayarnya belum keluar. Jadi, peraturannya adalah, cuma nyalain AC di malem hari atau kalau emang panas banget.

Dia mulai paranoid gini setelah tau aku dapet beasiswa di KMUTT. Semua biaya sekolah, laboratorium, dan riset, semua udah dicover sama Universitas. Belum ada uang saku sebulan senilai 8.000 Baht atau sekitar 3 juta rupiah.

"We have to save money since I have to pay everything."

"Well, but they don't give scholarship for the chinese people."

Dia nggak ngerti konteksnya. Of course, Thailand nggak bakal provide beasiswa untuk orang China. LIKE, SERIOUSLY. China jauh lebih maju, jauh lebih kaya, dan jauh lebih besar dari Thailand. Kalau ngeprovide beasiswa untuk sesama negara ASEAN sih masih wajar. Nggak masuk akal aja gitu kan.

Terus aku bilang, dia kan bisa nyari beasiswa dari perusahaan swasta, atau cari beasiswa berkelas kek macam Monbukagakusho, Fullbright, atau Erasmus Mundus. Atau bahkan Chevening Awards. Atau dapet beasiswa dari program pemerintah China, kayak Indonesia punya LPDP. Atau bahkan nyari dari Bank Dunia. Like, NYOBA AJA MBAK, KENAPA SIH.

Terus dia bilang, dia nggak mungkin dapet. Persaingannya ketat, apalagi di China banyak orang. YA COBA AJA MBAK. Aku bilang sama dia, ya udah coba aja. Kamu nggak akan pernah tau kalau nggak nyoba, dan kalaupun gagal ya udah emang kenapa. Cari lagi aja yang lain. Usaha aja terus.

Untuk pertama kalinya dalam hidup, aku bersyukur hidup di negara berkembang. Banyak beasiswa dan bantuan selama kamu mau kerja keras buat ngedapetinnya.

Jadi aku simpulkan, kalau dia orangnya nggak kompetitif dan bukan yang 'smart' juga. Dia banyak kesandung masalah biaya. Dia milih di KMUTT karena murah. Dia udah nyoba daftar universitas yang lebih bagus, kayak Mahidol University, tapi ga jadi karena kemahalan.

Motivasinya rendah. Usahanya juga. Mungkin faktor usia. /eh

Itu masalah biaya.

Terus, ada masalah mandi. Di asrama itu nggak ada hot shower. Airnya dingin, tapi sebenernya kalau menurutku nggak dingin karena Thailand kan suhu udaranya panas. Nggak kayak di Bandung, dingin itu beneran dingin es. Tapi Grace nggak terbiasa mandi air dingin.

Aku sih orangnya woles, anak pramuka sih. Mandi jam 4 subuh pake air dingin pernah, mandi rindam 5 menit pake air dingin juga pernah, pake diteriakkin "CEPETAN, DEK," sama kakak kelas, cuma mandi dua kali selama jambore cabang juga pernah, pokoknya itu hari-hari kucem nan kumal. Jadi, kalau emang cuma ada air dingin, ya udah. Hidup kan mesti survival. Kamu nggak bisa bawa-bawa standar hidup kamu di rumah ketika kamu pergi ke tempat yang berbeda. Kalau kayak gitu, gimana bisa bertahan hidup?

Beruntung, di tiap lantai asrama itu kan ada dispenser air dingin dan panas macam pure it. Di ITB sih sistem pure it-nya belum establish makanya kamu ga bisa minum air keran. Kalau di sini, sistem pure it-nya udah bagus. Jadi aku nggak mesti beli galon buat diangkutin ke kamar. Nah, si Grace ini tiap mau mandi pasti bawa-bawa baskom ke luar, ngambil air panas dispenser. Gaya ga?

Keselnya, Grace itu mandinya lamaaaaaaa banget. Ada kali sejam plus nyuci baju. Dia tuh tiap mandi riweuh! Dia nggak pernah bawa semua barang yang dia butuhin di kamar mandi dengan sekali jalan, jadi dia pasti bolak-balik bolak-balik (saking seringnya aku tulis dua kali), ngambil barang yang entah lupa atau ketinggalan. Jadi pas aku kepepet pengen ke kamar mandi dan Grace lagi mandi, aku pasti ngibrit ke lantai 4 buat nyari toilet, berhubung yang sekamar 4 orang itu toiletnya di luar kamar.

(Asrama putri itu 11 lantai guys. Ada yang dua orang sekamar, dan empat orang sekamar. Ada yang ber-ac dan tidak. Lantai 1 itu lobby, lantai L itu common room (buat ngerjain PR dan ngadem apalagi kalau kamar kamu ga punya AC), terus lantai 2, 3, dst))

Kamu nggak akan tau pasti kapan Grace selesai. Pas dia keluar, kirain udah selesai, baru juga mau gerak, eh masuk lagi. asdfghjkl.

Dia juga ngeluh masalah laundry.

Iya. Katanya di China, orang-orang ga pernah berbagi mesin cuci. Mereka punya satu mesin cuci buat satu orang. Hedon air, sumpah.

Sementara aku ngerasa canggih banget pergi ke laundry coin di lobby, yang pake sistem otomatis. Bayar sekitar 7 ribu rupiah doang bisa nyuci sampai 7 kg. Tunggu 47 menit, dan tadaaa pakaian kamu udah beres. Katro, emang.

Jadi, Grace selalu nyuci baju pake tangan. Nggak mau pake mesin cuci di lobby.

2. Grace itu jorok.

Grace itu edan tiap mandi. Dia mandi dengan baik dan benar. Dia gosok badannya sampai bersih, sampai daki-dakinya keluar. DAN BUKAN, AKU BUKAN TAU KARENA NGINTIPIN DIA MANDI. Tapi karena dia nggak pernah ngebersihin bekasnya.

Iya. Iyewh.

Aku selalu pake kamar mandi setelah Grace, karena dia gercep banget kalau soal mandi. Dan aku selalu mendapati lantai shower yang penuh daki. Berhubung aku ga suka nginjek benda-beda cokelat itu, aku yang selalu nyikat dakinya dan aku buang ke saluran air. Kupikir aku bersihin kamar mandi, dia bakal malu karena setelah dia mandi, lantai pasti bersih kembali.

TERNYATA NGGAK, TEMAN-TEMAN.

Grace tetap menyebar daki. Dua kali sehari. Yang mesti disikat pake sikat karena nempel di lantai.

Oh, dan jangan lupakan rambut rontoknya.

Selama ini, aku pikir aku adalah manusia pemilik rambut terontok di dunia (aku pake hijab, pls), ternyata aku salah.

Rambut Grace 100 kali lebih rontok dari rambut ibuku. /eh

Rambutnya menyebar, terbang, dan jatoh dimana-mana. Kadang aku pengen nyuruh Grace ngebotakkin kepalanya aja sekalian, tapi gak sopan. Dilema.

Jadi, selain daki, helai rambut pun aku bersihkan. Di kamar mandi maupun di kamar. Dan daki juga rambutnya telah bikin saluran air tersumbat. Aduh, ingin berkata kasar.

Aku udah bilang sama Grace soal ini, mari kita lihat apakah Grace berubah atau tidak.

3. Dia selalu bilang orang Thailand itu males. Atau orang Asia selain orang China, Korea, Jepang itu males.

Yang ini bikin emosi, emang. Setelah punya pengalaman ini, aku belajar kalau mengeneralisir sesuatu itu nggak boleh. Orang Thailand nggak semuanya males. Orang Indonesia juga.

Si eta mereun yang males mah. Dia sebagai orang China ngerasa diri paling baik. Udah kerja keras. Kenyataannya?

Grace kan mahasiswa S2, jadwalnya lebih lowong daripada mahasiswa S1 yang notabene masih tahun pertama. Aku punya kelas 5 hari seminggu, sementara Grace kadang cuma 3 hari seminggu. Aku tuh pengennya, dia bersihin kamar kek, atau ngapain kek. Kamar mandi kotor, lantai kamar mandi kotor. Si eta kerjaannya ngapain?

Sedih, ya.

Mungkin dia berusaha nyapu. Tapi aku pernah liat dia nyapu. Dan sama sekali nggak bersih. Mungkin dia nggak pernah nyapu. Atau terlalu males pake kacamata untuk melihat detail debu dan rambut yang bertebaran di laintai. (dia minus)

Sekali lagi, ingin berkata kasar.

4. Grace minimal harus tidur 8 jam sehari.

Iya. 8 jam sehari. Bobo cantiq.

Grace nggak pernah begadang. Dia bilang begadang itu nggak bagus buat kulitnya. Dia mesti sehat dan cantik.

Aku sih, kebalikannya. Aku ga peduli aku cantik apa ngga. Yang pasti, dari SMA aku udah sering begadang. Banyaknya tugas dan les selalu nuntut aku buat bangun sampai larut. Apalagi aku udah terbiasa semenjak bayi. Ibuku hamil pas sekolah S2. Otomatis, aku sering diajak belajar sampai malem sejak dalam kandungan.

Aku cuma butuh tidur 5-6 jam untuk yang paling cantiq. Dan 3 jam kalau rush hour.

Aku juga seorang muslim. Jadi aku pengen bangun pagi-pagi untuk shalat subuh. Tapi aku nggak bisa bangun sendiri, apalagi setelah ngerjain tugas seharian. Alarm selalu membantu.

Tapi Grace ga suka. Dia bilang Alarm aku ngeganggu dia, dan dia nggak mau bangun jam 5 atau 5.30 pagi. Dia cuma mau bangun jam 6. Titik.

Ya udah, aku atur settingannya jadi mode getar. Tanpa snooze biar nggak ngeganggu. Itu alarm cuman bergetar sekali doang. Tapi besok paginya Grace protes lagi. Katanya, biarpun cuma getar, dia tetep bangun.

Jadi semenjak itu, aku selalu shalat jam 6 pagi. Alhamdulillah di Thailand jam 6 pagi itu matahari baru terbit, jadi masih keburu. Maaf ya Allah. Di lain kesempatan, kalau aku berhasil tidur lebih awal, aku bangun jam 5 pagi dan bisa shalat lebih awal! Yeay! Homina homina, alarm tubuh.

5. Grace itu nyelekit.

Iya. Nyelekit. Entah kenapa dia berpandangan negatif sama semua hal. Orang Thailand pemalas, makanya negaranya ga maju-maju. Ya udah sono, balik ke negara sendiri. Kenapa juga milih kuliah di Thailand? Absurd.

Jadi, awal-awal aku dateng kan masih libur. Aku sering streaming online, nonton film atau drama, karena aku seneng banget nonton.

Tapi ke sini-ke sini jarang soalnya sibuk kan. Tiap Grace liat aku main hp, dia pasti nyangka aku lagi nonton. Padahal nggak. Aku lagi nanya falisa atau Kemal soal PR Fisika yang susahnya naudzubillah. Kadang, seperti PR terbaru, susah banget sampai ga ada yang bisa jawab. Jadilah aku bingung. Udah nanya sana-sini, nggak ada jawaban. Kadang sampai malem kayak gitu. Terus aku nyoba sendiri. Ngulik soal sampai malem.

Kadang orang-orang yang aku tanyain juga sibuk. Baru jawab malem-malem, otomatis aku baru lanjutin lagi malem harinya. Atau ngirim email ke dosen juga baru dijawab pas besoknya.

Jadi Grace bilang, harusnya aku ngerjain PR siang-siang, jangan ngeduluin nonton drama. Aku dicap 'males' sama Grace. Padahal aku nggak nonton apa pun. Padahal aku pusing ngerjain PR.

Mau aku jelasin juga, Grace nggak pernah denger. Kadang dia nggak pernah nyambung kalau diajak ngobrol. Mungkin karena nilai IELTSnya lebih rendah dari aku ohohohoho. /eh

Iya, dia 35 tahun, IELTSnya 6.5. Aku, 17 tahun, IELTSnya 7. Menurutku dia kurang berkembang.

Dia kurang simpati sama orang lain. Dia selalu motong aku kalau aku ngomong, selalu jump into conclusion sebelum aku nyelesain omonganku, yang padahal bukan itu maksud aku. Dia seenaknya sendiri dan cuma pengen aku yang memaklumi dia.

Dia gak suka aku begadang, karena dia kalau tidur lampunya dimatiin. Kalau aku bangun kan lampunya nyala.

Tapi aku udah nemuin solusi buat masalah ini, kok. Aku tinggal pergi ke common room dan bisa begadang sepuasnya di sana. Dan turns out, ketika aku ke common room, banyak siswi yang juga belajar di sana sampai tengah malam. Mereka semua rajin. KMUTT kan universitas teknik terbaik di Thailand, masa sih siswanya males.

Yang males si Grace kali.

6. Dia nggak pernah ngeganti uangku.

Kadang-kadang, kita kan butuh utilitas kamar buat bersih-besih kan? Sikat di kamar mandi, alat pel, tisu toilet. Aku yang beli semuanya. Grace nggak pernah tuh inisiatif ngeganti uangku. Padahal kita sama-sama sepakat, kalau barang-barang itu akan kita bagi 50:50.

Mungkin dia jadi jahat karena tau aku dapet beasiswa. Mungkin seharusnya aku nggak bilang ke dia aku dapet beasiswa. Waktu itu dia bilang gini sih, "Ngapain kamu ke Thailand? Emangnya di Indonesia nggak ada universitas yang bagus?"

AND I WAS LIKE, "BECAUSE I GOT SCHOLARSHIP." LIKE A BOSS.

Dan Thailand lebih canggih dari Indonesia, apparently. But, I would never say that. I would never say that Indonesia is no better than Thailand to her. Why would I? I'm proud of my country!

---

So, yeah. Inilah semua alasan kenapa punya roomate itu susah. Kulturnya beda. Orangnya beda.

Dan sekarang, aku ngeluh tentang Grace. Sip. Aku yang positif ini perlahan-lahan jadi negatif. Emang bener ya, kutub negatif itu menarik kutub positif.

Apakah Zia akan berubah menjadi Grace?

Mari kita lihat kelanjutannya...

N/B: URANG PENGEN PINDAH KAMAR. PLIS. URGENT.


ACTUALLY, FAJR PRAYER AT 4.30 AM






Comments

Popular Posts