Things about Thailand

Ada banyak keuntungan ketika kita masuk SMA favorit atau bagus. Jangan pernah bilang, "Halah, SMA sih sama aja, yang penting nanti kuliah dan kerja. Apa sih yang beda. Sama-sama belajar Fisika, Kimia,..." Nah! Pada kenyataannya, bukan itu kok yang jadi pertimbangan. Memang aku ngerasain level soal yang lebih susah, nilai yang lebih jelek, dan bahkan ngulang sks karena nggak lulus, tapi ada hal penting yang patut dipertimbangkan, masuk SMA yang bagus itu emang nilai plus yang menguntungkan.

Apa itu? Yaitu 'membeli' lingkungannya, itu sih istilah yang sering dipake ibuku. Dengan SMA yang bagus, kamu punya lingkungan kondusif beserta teman-teman yang edan pinternya gak nahan. Mungkin banyak kontradiksi juga, "Ah itu sih gimana anaknya. Bandel ya tetep aja bandel." Tapi setidaknya, sebandel-bandelnya anak SMA ini, nilainya tetep stunning. So damn true!

Bukan itu aja loh.

Masuk SMA bagus, berarti ngebuka cakrawala belajar ke tempat yang lebih luas. Kenapa? Soalnya SMA kamu itu dikenal dengan baik, secara nasional maupun internasional. Bukan cuma belajar pelajaran, tapi juga belajar 'pengalaman'. Kalau SMA kita nggak cukup dikenal, dari mana bisa dapet informasi AFS (pertukaran pelajar), penghargaan Olimpiade Sains Nasional, atau Summer Camp se-Asia Tenggara? Yang pasti cuma limited student yang bisa ikut acara-acara semacam itu dan diseleksi melalui sekolah-sekolah 'terpercaya' akan kualitasnya.

Ini termasuk salah satunya.


Kali ini tawaran datang dari Bangkok, Thailand!! Dengan judul kegiatan 2B KMUTT Camp 2015, camp ini dihadiri perwakilan dari negara-negara ASEAN yang free of charge alias gratis! KMUTT adalah singkatan dari King Mongkut's University of Technology Thonburi. Camp yang berlangsung selama kurang-lebih tiga minggu ini akan memberikan pengalaman riset pada peserta kegiatan sesuai jurusan dari fakultas yang diminati kelak. Peserta yang ikut diharuskan kelas 10 atau 11 SMA. 

Persyaratannya itu CV, Personal Statement of Motivation, Transkrip Nilai, dan Formulir Pendaftaran. Kita akan diberi allowance sebesar 150 baht per hari (sekitar Rp. 60.000,-). Lumayan loh. 

Aku nyoba daftar sih, entah bakalan diterima atau nggak hahahaha :")) Tapi semoga aja diterima! Aku selalu berusaha tiap ada tawaran ke luar negeri, tapi sampai sekarang belum berhasil. Alhamdulillah, kesempatan itu selalu dateng berkali-kali jadi aku pun akan berusaha berkali-kali juga. 

Seandainya pergi, aku nggak pernah kepikiran soal Thailand sebagai destinasi sebelumnya. Pengetahuanku soal Thailand nggak begitu banyak. Aku suka kultur, tapi untuk wilayah Asia, aku baru mendalami soal Jepang, China dan Korea aja. Hehehehe. Thailand terkenal dengan cerita horrornya yang bikin aku... yah, agak gimanaaa gitu karena imej-nya. Aku suka horror, kecuali horror Asia. Soalnya tema ceritanya balas dendam atau faktor mistis aja, nggak ada sisi logisnya kayak film barat.

By the way, aku di sini mau share tentang apa aja sih yang aku ketahui soal Thailand. Insya Allah kalau pergi kan bisa nambah pengetahuan juga. Oke, jadi inilah, hal-hal yang aku tahu soal Thailand;

1. Hormones (TV Series)


Siapa sih yang nggak tahu Hormones? Oke, mungkin nggak semua. Hormones ini, menurutku, tv-series yang lumayan bagus. Tiap episodenya berjudulkan nama-nama hormon manusia dan isinya permasalahan-permasalahan remaja (sesuai hormon yang menggelegak dalam remaja). Jauh lebih baik dari sekedar nonton tv-series atau drama cinta.

2. Mario Maurer


Cowok ganteng yang udah banyak merebut hati cewek. Blasteran Jerman-Thailand. Mario Maurer ini terkenal akan filmnya A Little Thing Called Love dan Love in Siam. 

3. Thai Tea


Thailand Tea, The best thing that have ever made.

4. Drag Queen Show

Oke. Kali ini aku tidak akan memuat gambar. /digeplak/ Jadi, Drag Queen Show adalah pertunjukan tertentu (ambigu, kampret). Yang nggak tahu, bisa gugling. Menurut kenalanku (Aratte -red), Drag Queen Show terbaik ada di Thailand, karena dia sudah pernah menyaksikannya sendiri! *_* Bagi yang penasaran aku tau Drag Queen Show dari mana, silakain gugling -- bukan. Ya aku tau dari kenalanku itu. Lol. 

Pengetahuan umum itu perlu, kawan. /salah

5. Museum Madame Tussauds Bangkok


Aku selalu terobsesi foto bareng patung lilin. Kan susah ketemu artis beken, apalagi yang udah meninggal. Museum ini memberikan alternatif cerdas untuk rakyat jelata macam aku. Udah lama aku pengen foto sama Nicole Kidman, Johnny Depp, Michael Jackson, Leonardo DiCaprio, Angelina Jolie, Will Smith dan banyak lagi... *ngiler*

6. Banci Thailand

Banci di sana cantik-cantik. Aku ga mau pajang fotonya, takut ngerasa gagal jadi cewek.

7. Coming Soon

Ini bukan jokes kalau blognya berakhir sampai di sini. Ini film horror yang bisa bikin vacation kelas ke Vila teriak lebay sampai cewek-ceweknya gabung tidur di ruangan yang digunain cowok. Yeah. Aku juga ga mau pajang foto. Trauma berat.

8. Sapaan yang Khas

Bangsa Thailand punya sapaan yang khas untuk menghargai orang lain. Kultur yang unik, menurutku. Yaitu kedua telapak tangan yang disatukan dan diletakkan di depan dada. Layaknya orang Jepang yang punya ojigi (sikap bungkuk 90 derajat), orang Thailand punya swasdee Krub.

Jadi inilah, hal-hal yang aku tahu soal Thailand. Sedikit kan? Makanya. Thailand itu gak beda jauh sama Indonesia, sih. Merek dan jenis kendaraan yang digunakan sama, cuma di sana itu lebih bersih dan tertib lingkungannya. 

Hope I can get trough Thailand! 






Comments

Popular Posts